Halo Pointer

Thursday, January 2, 2014

Tips Menghindari Spam dan Phising di Facebook

Facebook memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tentunya kita sering sekali membuka facebook karena kita dapat mengetahui informasi di berbagai tempat secara cepat dan juga dapat terhubung ke teman kita yang jauh.


Namun facebook juga menjadi sasaran empuk untuk menempatkan spam dan juga phising. Apa itu spam dan phising di facebook? Spam dan phising sering kita jumpai di facebook. Misalnya pada grup, ada orang yang mengirim post yang sama lebih dari 2 kali, dan biasanya bahasanya adalah bahasa yang tidak lazim dipakai dan juga biasanya disertai link agar orang terpancing untuk mengklik link tersebut dan pada akhirnya orang yang mengklik link tersebut juga akan terkenal phising dan spam sehingga akan otomatis mengirim post di grup yang dia ikuti. Kasus lainnya adalah pada pesan atau chat yang terjadi di facebook yaitu pada orang yang mengirim chat disertai link. Jika kita mengklik link tersebut, maka otomatis kita akan terkena phising dan spam. Kita otomatis akan mengirim pesan kepada banyak orang yang didalamnya juga akan terdapat link spam. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini ada tips untuk menghindari spam dan phising di facebook:
  • Jika terdapat ada orang yang mengirim post di grup dengan menyertakan link mencurigakan, sebaiknya jangan mengklik link tersebut karena kemungkinan itu adalah phising.
  • Jika ada orang yang mengirim chat kepada anda, da nisi chat tersebut menyuruh agar mengklik link tersebut, jangan balas ataupun mengklik link tersebut.
  • Jika sudah terlanjur mengklik link, dan terdapat pesan untuk ijinkan mengaksess hak administrator, maka silakan anda pilih tolak.
  • Install antivirus di computer anda yang menurut anda adalah yang terbaik, dan jangan lupa untuk mengupdate antivirus anda.
  • Jika anda melihat teman atau orang mengirim post dengan ejaan dan bahasa yang tak lazim, sebaiknya abaikan post tersebut karena kemungkinan itu adalah spam.
  • Jika sudah terkena spam dan phising, usahakan langsung logout dari akun facebook anda. Kemudian bersihkan cache, dan juga histori browser anda.

Nah itulah beberapa tips untuk menghindari terjadinya SPAM dan Phising Facebook, 
Sekian, Semoga Bermanfaat... ^_^...


ARTIKEL TERKAIT:

Newer Post Older Post Home

7 comments:

Post a Comment

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik.
Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar, bertanya dengan anonim tidak akan dijawab
4. Komentar yang tidak sepantasnya akan dihapus oleh admin